Wednesday 12 May 2010

Sistemnya yang salah, apa gw yang salah?

Ini berawal ketika gw pergi ke kampus buat ngurusin masalah absensi gw. peraturan di kampus gw sangat ketat. hanya mahasiswa yang absensinya di atas 80% aja yang bisa ikut UAS alias Ujian akhir semester, dan gw adalah salah satu korban dengan presentasi absensi 73,3%. it means gw harus siap ga ikut ujian dan siap untuk mengulang mata kuliah itu dan bertemu dengan angkatan 2010. oh God, kedengeran seperti kiamat..! gw harus sekelas dengan anak-anak angkatan baru dan muka angkatan 2008 gw mau disimpan dimana? (kalo muka gw awet muda mah sok aja) jangan sampai terjadi. gw lumayan kesal dengan pelayanan birokrasi di kampus gw yang terlalu berbelit-belit. sumber masalahnya adalah karena absen gw yang sebenarnya masuk hitungan 80%, tiba-tiba turun menjadi 73,3%. gw yakin absen gw belum lewat batas yang ditentukan, tapi entah kenapa hasilnya jadi seperti itu. gw yakin banget ada kesalahan dalam pengolahan absensi.
Emosi gw jadi ga terkontrol, gw berpikir apa ini karena sistemnya yang salah, apa gw yang salah?. gw tiba-tiba jadi bad mood seharian. tiba-tiba gw jadi ingat kata-kata seorang motivator dalam sebuah seminar yang gw ikuti, dimana di dalam seminar itu gw menjadi seorang penonton (ya iya lah penonton, masa gw jadi motivator.. ntar smua orang yang ikut gw ajarin sesat lg). gw ingat satu kalimat yang dia ucapkan lewat mulutnya (iya lah masa ngomong lewat lubang telinga.. ntar comberan donk) seperti ini,"Jika ingin menjadi orang yang sukses dan berhasil, berhenti menyalahkan orang tapi salahkan diri kita sendiri". sejenak gw menangkap negatif arti kalimat itu, kalo emang itu kesalahan orang ngapain kita salahin diri kita sendiri? bisa stres donk kita kalo kayak gitu. tapi setelah gw renungin ternyata benar coy, kita itu sebenarnya calon pemimpin, calon orang sukses. berhenti untuk terus menyalahkan orang. cek ke diri kita sendiri, semua hal yang terjadi di sekitar kita itu merupakan tanggung jawab kita. ga ada alasan untuk menyalahkan orang, sebenarnya kita yang salah. kalo waktu kuliah gw selalu hadir dan ga pernah bolong absen, mungkin saat ini gw ga akan dapat masalah absensi. so sebenarnya bisa dibilang juga, apa yang kita lakukan di masa lalu resikonya akan kita terima sekarang. gw akui sih emang dulu gw pernah bolos karena kesiangan, hahaha. so, jangan pernah bolos..! lol

No comments:

Post a Comment